Kamis, 05 Maret 2009

ANTARA ANUGERAH & MUSIBAH


Pada umumnya kita semua memandang suatu anugerah & musibah adalah pada sesuatu apa yang kita terima, apabila sesuatu itu datangnya berbentuk nikmat yang sifatnya keduniawian maka itu kita anggap suatu Anugerah, namun apabila sesuatu itu datang berbentuk sebaliknya atau sifatnya mengurangi nikmat duniawi maka kita langsung menganggap itu suatu Musibah.

Namun sebenarnya konsep pandang antara Anugerah dan Musibah itu sangatlah tipis tergantung cara kita apresiasikan dalam kehidupan didunia & akhirat.

Konsep Keduniawian

Konsep pandang ini hanya memandang semata-mata pada sesuatu yang diterima ataupun yang didapat. Pada konsep ini sangat lemah dan sangat banyak mengakibatkan banyak orang yang lupa pada dirinya sendiri, baik itu berupa nikmat yang didapat apalagi Musibah yang diterima.

Konsep Ikhlas

Konsep pandang ini bukan memandang pada apa yang diterima, namun lebih cenderung pada apa yang akan diberikan pada sesuatu yang diterima itu. Jadi pada konsep ini seseorang tidak perduli pada yang diterimanya baik itu musibah ataupun Anugerah.

Sesungguhnya kebanyakkan manusia akan Selalu ingat ALLAH tuhan-nya, pabila menghadapi cobaan yang menyakitkan, menyedihkan atau biasa disebut musibah. Kita sering berdo’a , beribadah siang dan malam agar dibebaskan dari musibah itu, dan dengan kejadian musibah itu biasanya kita terasa dekat dengan ALLAH.

Tapi terkadang kita pula lupa pada ALLAH, pabila dicoba dengan pujian, harta ataupun jabatan, kita sering habiskan anugerah yang kita dapatkan dengan pesta pora, habiskan waktu untuk mempertahan jabatan, sehingga ibadah dan berdoa dilupakan, dan sudah pastilah tuhanpun dilupakan.

Pada keadaan diatas berarti Anugerah pada akhirnya akan menjadi Musibah, dan Musibah akan menjadi Anugerah.

berarti pengertian anugerah & musibah... bukan dari apa yg kita terima, tapi dari apa yang kita lakukan dari anugerah&musibah itu...!

Bila cobaan itu membuat kita lebih dekat kepada ALLAH itu bernama ANUGERAH...

namun bila cobaan itu membuat kita jauh dari ALLAH, itulah yg namanya MUSIBAH sebenarnya...!

Seorang yang Ikhlas menerima musibah sudah pasti akan menjadikan itu suatu Anugerah, yang akan bertambah dekatnya dia dengan tuhan-nya, dan dia sadar segala musibah akan menghapuskan dosa-dosanya, dan akan mengangkat derajatnya karena golongan ini adalah termasuk golongan orang-orang yang sabar...!

al-fakir

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda